Cari Blog Ini

Selasa, 05 Mei 2015

Biologi Sel part 4 " INTI SEL"

      INTI SEL
Pertama kali ditemukan dalam sel tumbuahan oleh brown (1831). Sel berubah secara bergantian dalam siklus sel. Ada dua penampakan dalam inti sel:
1.       Interfase: sel tidak dalam mitosis tetapi aktif membelah
2.        Mitosis: sel dalam mitosis, inti yang ikut berperan.

Inti sel merupakan organel yang ditemukan pada sel eukariot. Inti sel sebagian besar mengandung  materi genetic  dengan bentuk molekul DNA  linear panjang membentuk kromosom bersama dengan jenis protein. Gen-gen dalam kromosom membentuk  genom inti sel.

FUNGSI NUKLEUS
1.       Menjaga integritas gen-gen
2.       Mengontrol aktivitas sel dengan mengelola ekspresi gen
3.       Mengorganisasikan gen saat terjadi pembelahan sel
4.       Memproduksi r RNA untuk mengkodekan sintesis protein
5.       Tempat sintesis ribosom
6.       Tempat transalasi dan transkripsi DNA
7.        Mengatur kapan dan dimana ekspresi gen harus dimulai dijalankan dan diakhiri.

 YANG ADA PADA INTI
1.       SELUBUNG INTI  (MEMBRAN NUKLEAR)
Terdiri dari 2 lapis sama dengan membrane plasma. Kedua membrane dipisahkan celah berukuran 20-30 nm. Celah itu dinamakan spatium perinuclearis , keduanya tidak sama kepadatannya. Lapisaan luar kurang padat datempati ribosom ukuran 15 nm. Pada selubung inti terdapat pori-pori , pada mamalia jumlahnya 10% dari selubung inti. Fungsinya mengatur keluar masuknya molekul ion-ion inti sel.
2.       ANAK INTI (NUKLEOLUS)
Sering menempel pada selubung inti . terdiri atas 3 komponen:
-          Daerah granular (pers glanular), terdiri dari butiranp-butiran kecil
-          Daerah fibriler (pers fibrosa), terdiri dari benang-banang, terdapat ditengah inti.
-          Daerah amorf (pars amorfa), disekitar anak inti terdapat kromosom, bentuk benang-benang halus.
Fungsinya  tempat sintesis protein. Pada anak inti terdapat pegal-pegal RNA ( r DNA)  “nukleolar organizer” untuk ditranskripsikan jadi r RNA dan ini terjadi secara berulang-ulang. Pemutusan DNA untuk ditranskripsikan jadi r RNA dengan bantuan enzim RNA polymerase . RNA akan dikemas dengan protein khususs dan membentuk ribosom. Jenis RNA : 18S , 40 S, 8S, 5S, 28S, 60S. sel yang aktif mensintesa protein anak intinya akan membesar. Saat mitosis nukleolar oraganizer terdapat pada bagian kromosom yang mengecil dekat setelit. Jumlah nukleolar oraganizer menentukan jumlah anak inti dalam Inti sel. Sintesa protein memerlukan ribosom. Kandungan protein dalam anak inti sangat tinggi yaitu sebagai fodpoprotein. Pada nucleus tidak ditemukan histon.
3.       KROMATIN
Dalam anak inti ada butir-butir basophil yang disebabkan adanya kromatin. Kromatin tersusun dari RNA. Setiap jenis sel berbeda ukuran dan penyebaran butir-butir kromatinnya. Khromatin berhubungan dengan proses sintesis protein sejenis sel tidak sama pegal DNA yang aktif.struktur kromatin (yang mengandung subtansi genetic )sangat berbeda antara inti interfase dengan inti yang mitosis.

INTI INTERFASE
Tampak sebagai butir-butir yang tersebar pada seluruh inti tanpa adanya gambaran benang-banang kromosom. Waktu interfase butir-butir kromosom masih dihubungkan satu saama lain dalam kromosom . kromosom DNA masih ada dalam bentuk kromatin. Kromosom merupakan susunan benang halus yang mengandung DNA.

INTI MITOSIS
Merupakan gambaran butir-butir kromatin tapi ada benang-benang kromosom. Kromatin kemasan benang-benang halus yang tidak Nampak. Mitosis berulang dalam siklus sel, butir-butir kromosom terlepas sulit disusun kembal dengan urutan yang tetapp samn. Hal ini mengubah urutan asam nukleotida dalam gen (sandi untuk sintesis protein . perubahan asaaam nukleat mengubah  protein yang akan disintesa.

Ada 2 macam kromatin saat interfase
1.       Heterokromatin
2.        Ekhromatin, merupakan kromatin yang aktif malakukan metabolism (mengandung-kode genetic ) pada sintesa protein.

KOMPOSISI KIMIA KROMATIN DAN KROMOSOM
1.       DNA 16%
2.       RNA 12%
3.       Nukleolus protein 78%, terdiri atas: protamine, histon, non histon, enzim DNA dan RNA polymerase

BAHAN PENTING INTI SEL adalah asam nukleat yaitu DNA dan RNA). DNA merupakan molekul penyimpan informasi genetic.

PENYUSUN DNA
1.       Gugus basa
-          Purin, mengandung adenine (A) DAN guanine (G)
-          Piramidin, mengandung thymin (T) dan  cytosine (C)
2.       Gula deoksiribosa

3.       Gugus pospat

Tidak ada komentar:

Translate

Follow My Story On The Wattpad