Cari Blog Ini

Minggu, 14 Juni 2015

Makalah Biologi Sel “TERAPI SEL PUNCA PADA DIABETES”

MAKALAH BIOLOGI SEL
“TERAPI SEL PUNCA PADA DIABETES”


Oleh                            :
Nama                          : FATMA ZAHRA
No. BP                        : 1404045
Kelas                          : A


SEKOLAH TINGGI FARMASI INDONESIA (STIFI)
YAYASAN PERINTIS
 PADANG
2015

KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Terapi Sel Punca pada Diabetes
Adapun karya makalah ini telah kami usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar proses pembuatannya. Untuk itu, tidak lupa kami sampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan makalah ini.
Namun tidak lepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun dari segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang dada dan tangan terbuka kami membuka selebar-lebarnya bagi pembaca untuk memberi saran dan kritik kepada kami sehingga kami dapat memperbaiki makalah ini.
Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari makalah yang berjudul “Terapi Sel Punca pada Diabetes” dapat diambil hikmah dan manfaatnya. Akhir kata penyusun ucapkan terima kasih.

Padang,  Juni 2015

Penyusun

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini sudah semakin maju dan mengarah pada hal-hal yang sifatnya cepat dan praktis banyak sekali pengetahuan yang telas di kembangkan oleh manusia dan saling mengkaitkan beberapa ilmu menjadi satu kesatuan. Salah satu contohnya adalah ilmu biologi yang mengkaji ilmu kehidupan saat ini dapat dikaitkan dengan ilmu lain sehingga dapat menjadi pengetahuan yang lebih mantap.
Salah satu perkembangan ilmu mengenai penelitian bioteknologi yang menarik untuk dikaji adalah pemanfaatan stem cell atau sel induk.Ditingkat dunia saat ini, sel induk merupakan salah satu focus utama dalam penelitian bioteknologi, khususnya dalam kaitannya dengan terapi sel serta pengobatan regenerative.Sebelum ada pemanfaatn stem cell, pengobatan penyakit dilakukan secara konvensional yaitu dengan pemberian obat yang mengandung zat kimia.
Namun dengan adanya bioteknologi stem cell, dunia sedang mengalami pergeseran paradigma dalam hal pengobatan dari ovbat-obatan kimia konvensional menuju kea rah terapi yang lebih molekuler, perubhan ini telah membuka pintu harapan untuk menyembuhkan bermacam penyakit yang sebelumnya tidak dapat di sembuhkan.
Beberapa penyakit yang memiliki potensi untuk dilakukan terapi stem cell misalnya terkait dengan penyakit gula darah atau yang sering disebut gula darah.
Untuk memperjelas mengenai apa itu stem cell dan pemanfaatan terapi stem cell pada penyakit diabetes dalam makalah ini kami akan mencoba menguls beberapa hal terkait dengan pemanfaatn stem cell pada terapi diabetes sehingga dapat dimengerti di pahami.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu stemcell?
2.      Apa itu diabetes?
3.      Bagaimana pemanfaatan terapi stemcell pada diabetes?
4.      Apa kalebihan metode stemcell?
5.      Bagaimana mekanisme kerja dari stemcell pada terapi diabetes?

C.     Tujuan Penulisan Makalah
1.      Untuk mengetahui apa itu stem cell
2.      Untuk mengetahui tentang diabetes secara umum
3.      Untuk mengetahui pemanfaatan terapi stem cell pada diabetes
4.      Untuk mengetahui kelebihan metode stem cell
5.      Untuk mengetahui mekanisme kerja stem cell pada terapi diabetes

D.    Manfaat Penulisan Makalah
Manfaat dari penulisan makalah ini adalah:
1.      Bagi Penulis  mengetahui lebih dalam tentang  terapi sel punca pada diabetes dan untuk memenuhi tugas perkuliahan.
2.      Bagi mahasiswa dan masyarakat umumnya untuk sebagai bahan bacaan dan untuk dijadikan penelitian yang lebih lanjut mengenai terapi sel punca pada diabetes.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1      Kajian umum mengenai stem cell
Stem Cell atau sel punca adalah sel yang bisa membentuk sel khusus lainnya, seperti sel otot, sel darah merah, dan sel otak. Belakangan, sel punca pun dikembangkan agar dapat menyembuhkan berbagai penyakit berbahaya demi kelangsungan hidup pasien.
Stem cell berfungsi sebagai system perbaikan untuk mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak demi kelangsungan hidup organisme.



2.2      Pengertian Diabetes
Diabetes merupakan gangguan kesehatan serius yang dikaitkan dengan tingkat tinggi glukosa dalam darah. Terapi sel punca ini sebagai alternatif terapi untuk pengobatan penyakit diabetes di masa yang akan datang.
Stem cell untuk penyakit ini dilakukan dengan memilih sel punca yang akan diisolasi, dioptimalkan atau dimodifikasi kondisinya, dan kemudian akan ditransplantasikan ke tubuh pasien, agar mampu menghasilkan hormon insulin  untuk menyerap sel gula.

2.3      Mengenal pengobatan diabetes dengan metode stem cell
Kemajuan teknologi membawa banyak manfaat bagi umat manusia. Salah satunya adalah di bidang medis, di mana teknologi berhasil menemukan teknik-teknik pengobatan baru yang memberi harapan akan kesembuhan.
Salah satunya dapat lihat dari pengobatan dengan metode stem cell pada penyakit diabetes. Penyakit diabetes banyak menyerang manusia modern akibat berbagai faktor, di antaranya adalah gaya hidup yang tidak sehat.
Stem cell adalah sel induk yang berada dalam tubuh kita sendiri yang memiliki kemampuan memperbaharui dan memulihkan. Dalam kondisi seperti ini, ia dapat dikelompokkan sebagai sel multifungsi, dengan efek memulihkan, melengkapi atau menghapus sel-sel yang rusak, bahkan memperbaharui organ.
Metode stem cell terhadap penyakit diabetes menggunakan kemampuan stem cell yang dapat memulihkan dan memperbaharui sel pancreas yang rusak., sehingga dapat mengurangi penderitaan pasien terhadap insulin dalam jangka waktu yang lama.

2.4      Metode stem cell dapat mengobati jenis diabetes 
Efek dari terapi stem cell terhadap penyakit diabetes sangat nyata, baik terhadap diabetes I, diabetes II, maupun Gestational diabetes hasilnya sangat efektif.Karena keunggulan waktu terapi yang pendek, hasil yang cepat terlihat, terapi stem cell juga dapat diterapkan untuk pencegahan dan penyembuhan komplikasi yang umum terjadi pada penderita diabetes, seperti penyakit kaki (nekrosis kaki, amputasi), penyakit ginjal (disfungsi ginjal, uremia), mata (kabur, kebutaan), ensefalopati (penyakit pembuluh darah otak), penyakit kulit, gastroparesis, ketoasidosis (DKA), penyakit jantung, kerusakan saraf, dan komplikasi umum diabetes lainnya.

2.5      Kelebihan metode pengobatan Stem cell
Dalam hasil suatu penelitian yang diterbitkan Journal of American Medical Association dilaporkan, para dokter ahli melakukan terapi stem cell terhadap 15 orang penderita Diabetes I di Brazil, hasilnya terdapat 13 orang yang berhasil mengatasi ketergantungannya terhadap insulin, juga tidak lagi tergantung pada obat-obatan. Pasien pertama yang menjalani terapi ini sudah berhenti dari insulin selama 3 tahun hingga saat ini.
Kelebihan metode pengobatan stemcell diantaranya:
1.      Efek sampingnya kecil
Terapi Stem cell sangat aman, efek sampingnya pun kecil. Sebelum melakukan terapi stem cell, umumnya mereka menjalani pengobatan untuk anti-body, pengobatan induksi bertarget, serta pengobatan untuk menjaga kestabilan dan serangkaian pemeriksaan demi keamanan lainnya, termasuk uji toksisitas, uji genetik, uji immunotoxicity, dll. Hasilnya membuktikan, metode stem cell tidak memiliki efek samping, aman dan tidak beracun.

Pengobatan dengan menggunakan obat-obatan adalah salah satu cara pengobatan diabetes, menggunakan obat-obatan dalam jangka waktu tertentu dapat mengontrol penyakit diabetes untuk sementara. Selain itu, penggunaan obat-obatan dalam jangka waktu yang lama mempunyai efek samping yang sangat besar, banyak orang yang dikarenakan hal itu terkena dampak, seperti gagal ginjal, rusaknya fungsi hati, dll.
2.      Proses pengobatan yang singkat
Proses terapi stem cell sangat singkat, hanya membutuhkan waktu 3 minggu. Terapi stem cell terhadap diabetes, pasien hanya diharuskan ada di rumah sakit sekitar 3 minggu, satu proses metodenya membutuhkan waktu sekitar 1 bulan, dalam waktu yang singkat, gangguan yang dialami oleh penderita diabetes akan segera teratasi.
Pada pengobatan tradisional, beberapa pasien terpaksa hidup melalui suntikan insulin, bahkan sampai akhirnya hidupnya pun tidak bisa melepaskan ketergantungannya terhadap insulin.

Gambar proses terjadinya diabetes



BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

1.      Stem Cell atau sel punca adalah sel yang bisa membentuk sel khusus lainnya, seperti sel otot, sel darah merah, dan sel otak.
2.      Diabetes merupakan gangguan kesehatan serius yang dikaitkan dengan tingkat tinggi glukosa dalam darah.
3.      Metode stem cell terhadap penyakit diabetes menggunakan kemampuan stem cell yang dapat memulihkan dan memperbaharui sel pancreas yang rusak., sehingga dapat mengurangi penderitaan pasien terhadap insulin dalam jangka waktu yang lama.
4.      Efek dari terapi stem cell terhadap penyakit diabetes sangat nyata terhadap diabetes I, diabetes II, maupun Gestational diabetes hasilnya sangat efektif.  Keunggulannya waktu terapi yang pendek, hasil yang cepat terlihat.
5.      Proses terapi sel punca yaitu, sebelum melakukan terapi stem cell, umumnya dinjalani pengobatan untuk anti-body, pengobatan induksi bertarget, serta pengobatan untuk menjaga kestabilan dan serangkaian pemeriksaan lainnya. Prosesnya membutuhkan waktu 3 minggu.

1.2  Saran
1.      Untuk pencegahan penyakit diabetes : kurangi berat badan,porsi makan yang cukup,hindari merokok,sering-sering olah raga.
2.      Untuk penderita diabetes :
a.       Memahami penyajit diabetes dan cara mengobatinya
b.      menjalani pengobatan yang kontinyu
c.       pilih makanan yang tepat
d.      usahakan gula darah tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi
e.       jaga diri agar tidak sampai ada luka di tubuh


DAFTAR PUSTAKA

Posting Komentar

Translate

Follow My Story On The Wattpad