|
PENANDAAAN AREA OPERASI |
||
NO
DOKUMEN |
NO
REVISI |
HALAMAN |
|
STANDAR
PROSEDUR OPERASIONAL |
Tanggal
Terbit |
Ditetapkan
Direktur Nama
direktur SIP |
|
Pengertian |
Suatu langkah-langkah dalam melakukan penandaan lokasi operasi yang melibatkan
pasien dan dilakukan oleh operator. |
||
Tujuan |
Untuk kepastian tepat lokasi bagian tubuh yang akan di operasi demi
keselamatan pasien. |
||
Kebijakan |
Surat
keputusan direktur utama Nomor …..tentang
Pemberlakuan
Panduan Panendaan Lokasi Operasi |
||
Prosedur |
Semua pasien, pengunjung dan
petugas kesehatan harus dianjurkan untuk selalu mematuhi etika batuk dan
kebersihan pernapasan untuk mencegah sekresi pernapasan yaitu dengan cara : 1. Tutup hidung dan mulut anda dengan menggunakan
tissu/sapu tangan atau lengan dalam baju. 2. Segera buang tissu yang sudah dipakai ke dalam
tempat sampah. 3.
Cuci tangan dengan air bersih dan sabun atau
pencuci tangan berbasis alkohol sesuai prosedur. 4.
Gunakan selalu masker bedah bila anda sedang
batuk. 1. Tindakan penting ini harus selalu dilakukan
untuk mengendalikan sumber infeksi potensial Ucapkan salam, dan perkenalkan diri “Selamat pagi/ siang/
sore, Bapak/ Ibu”, “Saya dokter…. (nama)”, dari
bagian….(jelaskan profesi/unit kerja). 2. Lakukan
verifikasi identitas pasien dengan gelang identitas yang ada pada pasien (Berdasarkan standar keselamatan pasien di
rumah sakit mohon sebutkan: nama dan tanggal lahir) 3.
Jelaskan
tujuan dan prosedur tindakan yang akan dilakukan. 4. Berikan
tanda lokasi operasi (O) pada
pasien dengan tinta yang berwarna hitam/spidol penanda kulit (untuk pasien
Mata penandaan (O) pada plester dan di temple di atas mata
yang akan di operasi, sedangkan pasien Gigi penandaan (O) pada hasil ronsen panoramic) 5. Berikan
tanda yang sama (O) pada lembar
konfirmasi operasi. 6. Lakukan
verifikasi pada pasien/ keluarga dan ditanda tangani oleh pasien dan operator
7. Ucapkan
terima kasih dan sampaikan salam “terima kasih atas kerjasamanya, selamat
pagi/siang/sore/malam”. |
||
Unit
terkait |
1.
Instalasi rawat
jalan 2.
Instalasi rawat inap 3.
Igd 4.
Kamar operasi |