Cari Blog Ini

Kamis, 25 Desember 2014

Konseling informasi Obat (KIO)

Konseling informasi Obat (KIO)

KIO merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh ismafarsi STIFI-YP Padang. dalam rangka memperingati hari ulang tahun ismafarsi yang ke 59. Tema yang diangkat adalah sosialisasi mengenai penggunaan antibiotik. Sasaran dari sosialisasi ini adalah para pengunjung GOR Agus Salim Padang yang sedang mengikuti kegiatan rutin minggu pagi yaitu olah raga. Acara ini dimulai dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB.

Pada kesempatan ini, kami mengenalkan apa itu antibiotik secara umum, bagaimana penggunaannya, dan dampak dari antibiotik.
Seperti yang kita tahu antibiotik adalah obat-obatan yang digunakan untuk mengobati , dan dalam sebagian kasus bisa mencegah infeksi oleh bakteri. Golongan antibiotik yang umum digunakan adalah penisilin.
Antibiotik punya efek yang berbahaya kalau digunakan secara berlebihan, karena dapat menimbulkan resistensi( kekebalan/ketahanan) antibiotik didalam tubuh. Kalau sesudah kebal terhadap obat antibiotik, saat kita infeksi nanti obat ini sudah tidak lagi menghentikan infeksi di tubuh. Selain itu saat memakai antibiotik kita diharuskan untuk menghabiskannya. Hal ini dikarenakan jika kita tidak memakannya sampai habis kemungkinan bakteri yang masuk kedalam tubuh belum terbunuh, mungkin hanya tertidur untuk beberapa saat kemudian bangun lagi. Hal ini tentu akan berdampak pada kesehatan, tubuh yang tadinya mulai sehat malah sakit kembali dikarenakan ketidakhabisaan dalam memakan obat tersebut. Selain itu sebelum memakan obat antibiotik diharapkan sesuai dengan dosis serta anjuran dokter.
Berikut ini adalah tanggapan beberapa pengunjung stadion GOR Agus Salim mengenai antibiotik.
1. "Saya pernah mengkomsumsi antibiotik, tapi tidak menghabiskannya sampai habis, saya menghentikan pemakaiannya saat penyakit itu telah selesai"
2.  "Saya membeli obat antibiotik diapotik, setelah dikasih saya langsung pergi tanpa tahu cara pemakaiannya"
3.  " Saya mengkomsumsi obat antibiotik bila perlu saja"
4.  " Saya adalah seorang dokter, jadi saya tahu dengan cara pemakaian obat antibiotik"

Dari beberapa tanggapan diatas, dapat diketahui umumnya masyarakat awam masih banyak yang belum mengetahui antibiotik serta dampak dari pemakaiannya. Untuk itu perlu diadakan sosialisasi yang lebih lanjut mengenai antibiotik guna generasi masa depan yang lebih sehat.

Minggu, 22 Desember 2014

Tidak ada komentar:

Translate

Follow My Story On The Wattpad